Kamis, 29 Januari 2015

Fakta Unik Kehidupan di Negara Jerman

Fakta Unik Kehidupan di Negara Jerman


Jerman melahirkan anak dapet hadiah dari pemerintah, karena jarang orang yang mau punya anak lebih dari satu, trus kalo masak baunya sampai ke tetangga bisa didenda, karena melanggar kenyamanan umum, maklum disono kebanyakan apartemen, jarang yang punya rumah sendiri pajaknya gede banget. 
Orang jerman malu untuk punya anak lebih dari 1, 2 boleh lah!!, kalo punya anak lebih dari 4 aja udah dianggap aneh sama orang2, beda ya sama orang indonesia, semakin banyak anak semakin banyak rizki!!

Efektivitas – Dalam berorganisasi kampus, sekolah, institusi. orang jerman tu ga suka yang namanya rapat. “wasting of time”, sekalinya ada waktu rapat, harus langsung full diskusi dan harus ada kepastian keputusan. Sangat berbeda dengan orang Indonesia, untuk ngurus satu kegiatan, mesti rapat berhari-hari dulu. belum lagi tegang urat adu argumen. semua keputusan hampir bersifat tentativ.

Bayar pajak warisan – Jadi misalnya anda yang sudah pindah jadi warga negara Jerman, mendapatkan warisan sebidang kain / keris warisan leluhur. Nah, di taksir lagi harganya sama si pihak berwenang, setelah itu anda wajib bayar pajak supaya bisa dpt kain / keris warisan leluhur.

Pemilik toko = Penjaga Toko – Minimnya jumlah masyarakat di Jerman, nyebabin si bos harus turun tangan (mau bayar orang jg mahal ei). Jadi biasanya yang punya toko justru yang jaga toko. Kaga ada dah tuh yg punya toko malah enak-enakan jalan-jalan ke luar negri.
Ketika Indonesia masih pusing dengan pemerataan penduduk, Jerman sudah (entah berapa langkah) lebih maju, mereka sudah buat peraturan yg namanya pemerataan profesi dan tempat usaha. Jadi di setiap kota ada perbandingan profesi dan tempat usaha ( contoh : bar / dokter /salon/ showroom, dll) optimal dan gak boleh lebih dari perbandingannya.

Sering ngebut termasuk di tikungan – Taukah anda kalau jumlah angka kematian lebih besar dari pada angka kelahiran di negara ini? Alias jumlah penduduk Jerman tidak banyak, Sedangkan luas wilayah jerman gede beut, jalananya jg panjang dan lebar. Hal itu jg yg nyebabin mereka suka banget ngebut di jalan (bayangin, nyetir pake BMW, terus jalan lowong) Bahkan di tikunganpun mereka ngebut!

Tempat penampungan khusus bagi pengangguran – Bayangkan, bahkan ada rumah khusus pengangguran. Ngga pandang bulu pula, baik itu muda ataupun tua, selama dia pengangguran, dia berhak dpt fasilitas ini. Tp mengingat banyak dari mereka yg berjiwa pemalu, jadi biasanya mereka gengsi tinggal di tempat ini.

Pada usia + 18 th anak sudah keluar dr rumah orang tua – Ini nih, yang buat masyarakat di sana cukup mandiri, jadi pada usia 18 thn, biasanya mereka udah keluar rumah. Di sini si anak mulai kerja part time buat ngidupin dirinya sendiri. Tapi mengingat sekolah di sana gratis (pengen deh), jd biaya hidupnya ngga terlalu besar.
Tidak boleh sembarangan kasih nama anak – Di sini orang ngga boleh sembarangan ngasih nama. Nama cowo harus diberikan kepada anak cowo, dan nama cewe harus diberikan kepada anak cewe. Misalnya kamu (yg kebetulan baru pindah warga negara dari Indo ke Jerman) ngebet ngasih nama Joko ke anak cowo kamu. Nah nama Joko kurang familiar kalau kata orang Jerman. Jadi kamu berkewajiban u/ ngasih bukti seperti surat-surat dan tanda tangan dari orang (cowo) yg bernama Joko di Indonesia. Jadi jangan harap nama-nama nyentrik macam ‘anakku lelaki dong ah’ dll, bakal ada di sana. Bahkan beberapa dari mereka cenderung ngasih nama pasaran Jerman seperti Steve, Patric, Edi dll (u/ anak cowo), atau Anita, Nina, Mary (u/ anak cewe).


Kirim hadiah = bayar pajak – Negara yg hobi memberi pajak bagi penduduknya ini (tp tenang aja, ngga dikorupsiin kok, pajak itu kemudian di salurkan ke sekolah-sekolah, wilayah kurang mampu, hingga asuransi kesehatan) rupanya memberlakukan pajak jg ke hadiah yg kebetulan dikirimkan (dari luar Jerman) ke warga negara Jerman yg menerima hadiah. Jadi misalnya agan ngirim hadiah album foto, nah nyampe sana hadiah itu akan ditahan oleh pihak yg bertanggung jawab. Si penerima hadiah harus mengambil hadiahnya di pihak tersebut (ada bates max. Pengambilan hadiah). Si pihak ini akan menaksir harga dari album foto dan penerima hadiah harus membayarkan pajak hadiah sebesar yg ditentukan. Makanya jarang dari mereka yg mau nerima hadiah dari luar negri.

sumber : Inventions 
             http://deutschagung.blogspot.com/2013/12/fakta-unik-kehidupan-di-jerman.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar